Daftar Periksa untuk Komputer Bekas

Sangat penting untuk memeriksa komputer bekas secara menyeluruh sebelum membelinya karena dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Hard drive tidak akan menunjukkan tanda-tanda keluar tetapi mungkin memburuk. Dengan cara yang sama, jarum dapat tiba-tiba tergelincir dan dapat menyebabkan goresan pada disk yang akhirnya menyebabkan hilangnya memori karena komputer yang digunakan dapat gagal kapan saja. Jika diperiksa, kesalahan yang mungkin terjadi dapat diketahui. Mari kita lihat kemungkinan kesalahan yang mungkin terjadi saat membeli komputer bekas.kunjungi juga ditumbas.com yang membahas berbagai informasi terupdate seputar teknologi,gadget dan berita lainnya.

Daftar Periksa untuk Komputer Bekas

Kerusakan hard disk dapat terjadi karena keausan berlebih selama periode waktu tertentu. Kepala baca dan tulis pada hard disk digunakan untuk mengambil atau mengkode ulang data yang disimpan pada hard disk dengan bantuan plat disk yang berputar dengan kecepatan tinggi. Selama periode waktu tertentu, risiko kegagalan atau kerusakan disk meningkat. Sektor hard disk yang rusak hanya dapat ditemukan jika pemindaian permukaan penuh dilakukan pada komputer yang digunakan. Waktu pemindaian tergantung pada kapasitas dan ukuran hard disk komputer yang digunakan. Banyak yang melewatkan prosedur ini karena proses pemindaian seluruh disk yang memakan waktu dan akhirnya membeli komputer bekas dengan sektor yang rusak.

Monitor perlu diperiksa jika ada kesalahan. Tidak berfungsinya monitor disebut “dry joint” yang menyebabkan monitor tidak berfungsi setelah dihangatkan. Ini hanya dapat diperiksa jika monitor berfungsi setidaknya 20 hingga 30 menit setelah komputer dinyalakan.

Selanjutnya adalah mencari kemungkinan kemungkinan unit pemrosesan pusat dibekukan. Biasanya semua unit pemrosesan pusat memiliki kipas dan unit pendingin untuk menjaga unit tetap dingin. Selama periode waktu tertentu, kipas mungkin tidak berfungsi dengan baik karena akumulasi debu dan kotoran yang mengakibatkan panas berlebih pada unit pemrosesan pusat dan bahkan menyebabkan penghentian fungsi. Saat membeli komputer bekas, kipas harus diperiksa dan jika ada suara tidak normal yang terdengar, itu tidak baik untuk dibeli.

Komputer yang digunakan mungkin memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengalami crash dan freeze karena penggunaan sistem operasi selama beberapa tahun. Mungkin ada cache atau kesalahan RAM karena eksposur berlebihan yang menyebabkan hilangnya data. Untuk meningkatkan kinerja komputer dan untuk menghindari crash, sistem operasi komputer yang digunakan dapat diinstal ulang dengan sistem operasi baru atau yang baru.

Saat memeriksa komputer yang digunakan untuk mencari kesalahan, ada baiknya untuk memutuskan koneksi jaringan jika ada sebelum melakukan tes. Juga disarankan untuk memeriksa drive seperti CD atau DVD dengan membuka dan menutupnya dan juga memainkan sesuatu pada drive untuk melihat bagaimana mereka bekerja. Monitor dari komputer yang digunakan dapat diperiksa untuk resolusi dan kecerahan dengan mencoba berbagai pilihan warna, pengaturan dan sebagainya. Untuk memeriksa ukuran hard disk, pengaturan CMOS dapat dilakukan dan untuk memverifikasi kecepatan prosesor, cache dan RAM tombol pause ditekan ketika muncul di layar selama proses boot. Untuk memeriksa proses booting, komputer dapat dinyalakan dan dimatikan beberapa kali dan lihat bagaimana responsnya. Pemeriksaan harus dilakukan untuk melihat apakah semua kata sandi dihapus sebelum membeli komputer bekas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *